jump to navigation

Possessivpronomen – Kata Ganti Kepunyaan Agustus 14, 2006

Posted by Bahasa Jerman in Possessivpronomen - Kata Ganti Kepunyaan, Pronomen - Kata Ganti.
trackback
  • Possessivpronomen adalah kata ganti yang digunakan untuk menyatakan suatu kepunyaan.
  • Selain berfungsi sebagai kata ganti kepunyaan, juga digunakan sebagai pelengkap kata benda (Attributiv).
  • Perbedaan antara keduanya sangat jelas, apabila Possessivepronomen sebagai artikel (Possessivartikel) maka selalu berada didepan kata benda tetapi apabila Possessivepronomen sebagai pengganti dari kata benda maka digunakan tanpa artikel. Lihat tabel dan contoh sebagai berikut :
Personal-
pronomen
Possessiv-
pronomen
als Artikel
Nominativ
Possessiv-
pronomen
ich mein Buch Ja, das ist mein(e)s.
du dein Buch Ist das dein(e)s ?
er sein Buch Nein, es ist sein(e)s.
es sein Buch Oder vielleicht sein(e)s ?
sie ihr Buch Es ist Ihres.
wir unser Buch Aber, das hier ist unseres!
ihr euer Buch Und das hier ist eures.
sie ihr Buch Nein, es gehört den Kindern. Es ist ihres.
Sie (hormat) Ihr Buch Herr Müller, ist das Ihres ?
  • Ist das dein Velo ? Ja,das ist mein(e)s.
  • Ist das seine Blume ? Ja, das ist seine.
  • Ist das Ihr Hund ? Ja, das ist mein(e)s.

Personal-
pronomen
Possessivpronomen
als
Pronomen
Nominativ
M
Singular
Akkusativ
M
Singular
Dativ
M
Singular
Genitiv
M
Singular
ich meiner meinen meinem
du deiner deinen deinem
er seiner seinen seinem
es seiner seinen seinem
sie ihrer ihren ihrem
wir unserer unseren unserem
ihr euerer euren euerem
sie ihrer ihren ihrem
Sie (hormat) Ihrer Ihrem Ihrem
Personal-
pronomen
Possessivpronomen
als
Pronomen
Nominativ
F
Singular
Akkusativ
F
Singular
Dativ
F
Singular
Genitiv
F
Singular
ich meine meine meiner
du deine deine deiner
er seine seine seiner
es seine seine seiner
sie ihre ihre ihrer
wir unsere unsere unserer
ihr euere eure euerer
sie ihre ihre ihrer
Sie (hormat) Ihre Ihre Ihrer
Personal-
pronomen
Possessivpronomen
als
Pronomen
Nominativ
N
Singular
Akkusativ
N
Singular
Dativ
N
Singular
Genitiv
N
Singural
ich mein(e)s mein(e)s meinem
du dein(e)s dein(e)s deinem
er sein(e)s sein(e)s seinem
es sein(e)s sein(e)s seinem
sie ihres ihres ihrem
wir unseres unseres unserem
ihr eueres eures euerem
sie ihres ihres ihrem
Sie (hormat) Ihres Ihres Ihrem
Personal-
pronomen
Possessivpronomen
als
Pronomen
Nominativ
Plural
Akkusativ
Plural
Dativ
Plural
Genitiv
Plural
ich meine meine meinen
du deine deine deinen
er seine seine seinen
es seine seine seinen
sie ihre ihre ihren
wir unsere unsere unseren
ihr euere eure eueren
sie ihre ihre ihren
Sie (hormat) Ihre Ihre Ihren

Komentar»

1. AiMai Morningbell - Agustus 1, 2011

izin share di blog saya untuk keperluan belajar. 🙂
terima kasih banyak,ya…

2. Agil Arief Rachman - Agustus 25, 2013

izin copas buat pelajaran di sekolah,
arigatou gozaimasu

3. Erwin Dian Saputra - Oktober 10, 2013

Danke. Berguna banget buat belajar sebelum UTS 🙂

4. فكري تيرتا (@fikritirtaka) - Desember 27, 2014

Vielen Dank! sangat membantu saya yang kadang lupa hehe. Viel Erfolg!

5. Hoon Hyo Sung - Oktober 1, 2015

danke. ada materi dativ sama akkusativ tidak?


Tinggalkan komentar